Menjaga Komitmen dalam Menuntut Ilmu: RBSA Agam Khatamankan Tiga Ilmu Alat

Kmamesir.org (01/10/2024) - RBSA (Rumoh Beut Sahah Aceh) Agam angkatan-3 telah mengkhatamkan tiga kitab dasar ilmu alat yaitu; Nahwu, Sharaf dan Mantiq per (30/09) di Rumoh Beut Sahah Aceh. Pembelajaran tahap pertama berlangsung selama satu bulan tiga minggu.

Bagi peserta, program ini bukanlah suatu hal yang mudah, banyak godaan yang sangat menggiurkan untuk tidak konsisten dalam menuntun ilmu, belum lagi kecanggihan telepon genggam yang sangat jeli untuk mengakses hal-hal yang memuaskan nafsu jahat. Tapi dengan saling mengingatkan serta evaluasi antara anggota dan pengurus RBSA, alhamdulillah tahapan pertama ini bisa dilewati dengan baik. 

Tiga Kitab ilmu alat tersebut; Nahwu "at-Tuhfah as-Saniyyah bi Syarhi al-Muqaddimah al-Ajurumiyyah" dikhatamkan dalam 12 pertemuan yang dibimbing oleh Tgk. Ade Sidratul Aminsyah, Lc., kitab Mantiq "Idhahul Mubham min Ma'ani Sullam" diselesaikan dalam 13 pertemuan yang dibimbing oleh Tgk. Romi Mahendra, Lc., dan Tgk. Sayyid Muhibullah, Lc., kitab Sharaf "Tashriful Izzi" yang dibimbing langsung oleh Tgk. Muhammad Farhan Sufyan, Lc., yang diselesaikan dalam 14 pertemuan.

Khataman Kitab Nahwu Bersama Tgk. Ade Sidratul Aminsyah, Lc. (Dok. Pribadi RBSA) 

Khataman Kitab Sharaf Bersama Tgk. Muhammad Farhan Sufyan, Lc. (Dok. Pribadi RBSA) 

Khatman Kitab Mantiq Bersama Tgk. Sayyid Muhibullah, Lc. (Dok. Pribadi RBSA) 
Setelah khataman berlangsung, para anggota akan dihadapkan oleh "Ujian Akbar" yang akan di adakan pada tanggal 2,3 dan 4 Oktober. Ujian beruntun ini diharapkan bisa membuat mereka semakin semangat dalam muzakarah pelajaran serta menghafal matan.

”مَا طَلَبَ أَحَدٌ شَيْئًا بِجِدٍّ وَصِدْقٍ إِلَّا نَالَهُ فَإِنْ لَمْ يَنَلْهُ كُلَّهُ نَالَ بَعْضَهُ“
الجنيد البغدادي- ت ٢٩٨ ه-

"Tidaklah seseorang mencari sesuatu dengan kesungguhan dan tekad yang benar, melainkan pasti akan memperolehnya. Kalaupun tidak memperoleh seluruhnya, ia pasti akan mendapatkan sebagiannya."

Semoga rahmat dan ridha Allah selalu menyertai RBSA sehingga setiap ilmu yang diajarkan bisa bermanfaat bagi banyak orang.[]

Reporter: Nafal Afnan

Editor: Muhammad Haikal Bahruddin 

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top