Tgk. Akhbar Rivaldy Terpilih Menjadi Nahkoda Baru KMA Periode 2024-2025

Tgk. Akbar Rivaldi ketua KMA terpilih dan Tgk. Muhammad Sidqi ketua KMA demisoner
Kmamesir.org (25/06/2024) _ Tgk. Akhbar Rivaldi resmi terpilih sebagai ketua Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) yang baru masa khidmah 2024-2025 menggantikan Tgk. Muhammad Sidqi dalam sidang Muhasabah Dewan Pengurus 2023-2024 dan Muhasabah Majelis Syura 2022-2024 pada Senin (24/6) di Meuligoe Aceh. 

Acara ini dimulai pada jam 11 siang. Setelah rentetan acara pembukaan, Muhasabah Dewan Pengurus (MDP) dan Muhasabah Majelis Syura (MMS) memasuki pada acara inti yaitu sidang, yang dipimpin oleh dua presidium; Tgk. Novian Nuzul Faza dan Tgk. Ziad Matsyah.

Setelah pengesahan tentatif acara dan tata tertib MDP & MMS, acara dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Pembacaan LPJ dimulai dari ketua KMA Tgk. Muhammad Sidqi dilanjutkan oleh koorinator setiap bagian. Setelah pembacaan semua LPJ oleh pengurus dibuka sesi tanya jawab. Baik presidium sidang maupun warga KMA bertanya dengan antusias guna meluruskan berbagai kekeliruan.
Dok. Pribadi
Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan laporan tim verifikasi mengenai LPJ diwakili oleh Tgk. Dedek Nasrullah. Tak lupa pula disampaikan berbagai rekomendasi dan masukan guna menjadi lebih baik di LPJ selanjutnya.

Setelah Isoma untuk salat Dzuhur dan dilanjutkan dengan penyampaian kata-kata terakhir dari ketua demisioner. Beliau mengucapkan ribuan terima kasih atas kepercayaan yang sudah diberikan oleh warga KMA untuknya, tak lupa pula ribuan untaian terima kasih kepada seluruh pengurus dan warga KMA yang turut andil dalam membantu selama kepengurusan.

“Setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya. Sekarang sudah saatnya saya mengundurkan diri dari posisi ini. Semoga pengurus kedepannya dapat membawa KMA ke arah yang lebih baik lagi.‘’ Ucap Tgk. Sidqi.

Tak hanya dewan pengurus, tapi majelis syura yang sudah menjabat semenjak tahun 2022 juga akan demisioner pada tahun 2024. Majelis syura membacakan Laporan Pertanggung Jawabannya di depan warga KMAdan dilanjutkan dengan pengesahan.

Tibalah saatnya untuk memperkenalkan calon ketua KMA. Tgk. Thaiburrifqi Ananda, Lc., Dipl. selaku Majelis Syura Demisioner mengumumkan bahwa Calon Ketua KMA tahun ini terdapat dua orang. Kandidat pertama Tgk. Akhbar Rivaldy dan kandidat kedua Tgk. Ali Akbar Alfata. 

Sejarah ini kembali terulang lagi dan lagi. Tidak pernah dijumpai di tempat lain kandidat yang mengatakan bahwa dirinya tidak pantas dan menyuruh untuk memilih kandidat lain. Umumnya kandidat akan membanggakan dirinya di depan khalayak agar dipilih. Namun, itulah yang terjadi di KMA, ilmu padi yang diterapkan membuat mereka merasa tidak mampu mengemban amanat yang besar ini.

Setelahnya warga KMA diberi kesempatan untuk menetukan pilihan masing-masing. Keduanya sama- sama layak dan pantas untuk menjadi ketua, tapi semua orang tetap harus memilih. Setelah pemungutan suara selesai, dilanjutkan dengan perhitungan jumlah suara.

Sorakan dan tepuk tangan bersahut-sahutan saat jumlah suaranya seimbang. Hal ini terjadi berulang kali, dan ini membuktikkan bahwa keduanya dipercayai oleh warga KMA. Jumlah akhir suara 109 dan 108, dengan selisih satu suara Tgk. Akhbar Rivaldy terpilih sebagai Ketua KMA periode 2024-2025. Panasnya cuaca tidak dapat menandingi panasnya pemilihan ketua KMA dengan selisih yang sangat tipis ini.

Setelah ditetapkan bahwa Tgk. Akhbar Rivaldy sebagai ketua KMA periode 2024-2024, suasana berubah. Banyak warga KMA yang ikut menangis karena sang ketua yang meneteskan air mata. Setelah suasana terkendali, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan ketua terpilih dengan ketua demisioner. Selanjutnya Tgk. Akhbar Rivaldy menyampaikan kata-kata sambutannya sebagai ketua terpilih.

"Tak ada yang bisa saya sampaikan selain memohon doa dari abang dan kakak sekalian semoga amanah ini dapat kami emban dan pikul dengan sebaik-baiknya. Semoga bantera yang akan berlayar ini bisa melewati terjangan ombak sampai ke dermaga dengan selamat dan sentosa." Pinta Tgk. Akhbar.  

Acara dilanjutkan dengan pengesahan hasil perhitungan suara majelis syura dan penetapan anggota terpilih. Dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh perwakilan yang diwakili oleh Tgk. Syifa Urrahman.

Setelah pembacaan doa, seluruh warga KMA bersuka cita menyambut ketua KMA yang baru.[]

Kami segenap kru website kmamesir.org mengucapkan selamat atas terpilihnya Tgk. Akhbar Rivaldy sebagai ketua KMA terpilih periode 51 masa khidmah 2024-2025, semoga dapat menjalankan amanah dengan baik. Selamat juga kepada seluruh majelis syura terpilih. 

Reporter: Nisa Kamila


Editor: Muhammad Arief Munandar



Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top